PAHALA SEORANG ISTRI DARI AKTIFITAS SUAMI

Posted: 9 August 2007 in Kisah

Suatu saat Rosulullah mendapat pertanyaan dari seorang wanita yang bernama Asmaa’ binti Zaid bin Sakan Al-Anshori. Pertanyaannya sebagai berikut : “Ya Rosulallah ! saya adalah wakil perempuan-perempuan di belakangku, kaum muslimat secara keseluruhan dan istri-istri orang mukmin. Mereka bertanya dengan pertanyaan yang nanti saya ajukan kepada Baginda, mereka juga berpandangan seperti pandangan saya ; suara saya adalah suara mereka !”.

Sesungguhnya Allah mengutus baginda adalah untuk kaum laki-laki dan kaum perempuan.
Kami beriman dan akan mengikuti semua ajaran Baginda. Ya Rosulallah ! kami kaum perempuan merasa segala-galanya serba terbatas, hanya duduk di rumah menjadi tempat penyaluran kainginan lelaki dan mengandung anak-anak mereka. Sebaliknya kaum lelaki dapat berkumpul, shalat berjamaah, mendatangi jenazah, berjihad dan sebagainya. Bila mereka pergi berjihad, kami kaum perempuan hanya bisa tinggal di rumah menjaga anak-anak dan harta mereka. Wahai Rosulullah ! adakah kami mendapat bagian dari pahala mereka ?”.

Rosulullah takjub mendengar pertanyaan kritis dari kaum perempuan yang diwakili oleh Asmaa’. Beliau kemudian menoleh kepada para sahabat sambil berkata : “Apakah kalian pernah mendengar perkataan perempuan yang begitu dalam “!. Tidak Ya Rosulallah ! jawab para sahabat. Kemudian Roslulallah menjawab pertanyaa Asmaa’ :“Wahai Asmaa’, beritahukanlah kepada perempuan- perempuan yang kau wakili, bahwa pergaulannya yang sangat baik terhadap suaminya, berusaha mendapatkan keridloan terhadapa suaminya dan mengikuti jejaknya yang baik, akan mengimbangi pahala yang didapat kalim lelaki, Pahala perempuan yang berada di rumah adalah sama bersarnya dengan pahala lelaki yang berjuang dan perbuatan baiknya di luar rumah. Itulah pahala bagi nkaum perempuan yang taat dan patuh kepada suami mereka. Maka perggilah kau sekarang dan beritahu perempuan-perempuan yang kau wakili tentang ini !”.

Mendengar jawaban Rosulullah saw. Yang luar biasa itu, Asmaa’ berkali-kali bertahlil dan bertakbir karena puas dan amat gembira atas kabar dari Rosulullah saw. yang diterimanya.
 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s